Rabu, 29 Oktober 2008

Ssst..... Banyak Istri Ternyata Bisa Panjang Usia Loh.....

Hasil riset ini boleh jadi akan menimbulkan polemik yang tidak berkesudahan, tapi untuk informasi ilmu pengetahuan, boleh lah disimak informasinya.

Satu riset terbaru menyimpulkan, langkah pria untuk beristeri lebih dari satu atau poligami dinilai tepat, lantaran dapat memanjangkan usia lelaki yang mengamalkannya.

Adalah Virpi Lummaa, ilmuwan dari Universitas Sheffield, Inggris, mengatakan penelitian tersebut melihat perbedaan sosial dan dan ekonomi yang melibatkan lelaki berusia lebih dari 60 tahun dari 140 negara.

Lelaki yang melakukan poligami terbukti mempunyai usia rata-rata 12 persen lebih panjang berbanding lelaki di 49 negara yang kebanyakannya hanya menikah sekali.

"Hasil kajian itu kemungkinan menjawab teka-teki biologi manusia. Bagaimana manusia mampu panjang umur dan persoalan itu ternyata wajar jika melihat wanita yang bisa hidup melewati masa setelah menopause," ujar dia.

Lummaa menambahkan, "Hal ini dikenal sebagai 'mitos nenek' yang mengatakan setiap sepuluh tahun seorang wanita yang mampu hidup melewati masa menopause, dia mendapat dua cucu baru.”

"Keadaan sebaliknya terjadi bagi lelaki karena energi batin mereka masih berfungsi melampaui usia 60-an, 70-an, dan 80-an. Banyak peneliti beranggapan, faktor tenaga batin itu menjadi kunci usia panjang mereka," kata Lummaa. Waduh....... !

Tidak ada komentar: